Yuk Intip Perkembangan Stasiun Monas MRT Jakarta

Yuk Intip Perkembangan Stasiun Monas MRT Jakarta

Yuk Intip Perkembangan Stasiun Monas MRT Jakarta

infojkt.com – Pekerjaan pembangunan CP 201 (Stasiun Thamrin dan Monas) fase 2A MRT Jakarta berjalan sesuai jadwal. Per 25 Maret 2022, perkembangan pembangunan telah mencapai 36,32 persen.

Saat ini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran dan penggalian area beranda peron (concourse level) di stasiun box, pekerjaan persiapan base slab 1 dan bearing wall di gardu induk (receiving substation), dan pekerjaan instalasi mesin bor terowongan (TBM) 2 di area shaft selatan.

Tim konstruksi juga telah menyelesaikan site acceptance test (SAT) dan akan melakukan pemasangan temporary ring serta memulai sequence launching. Pada 2022 ini, PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan penyesaian penggalian station boxroof slab, concourse slab, dan base slab stasiun, serta memulai pengeboran koridor Monas—Thamrin.

Sedangkan di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi pekerjaan king post sisi utara stasiun, penggalian base level di south shaft, penggalian concourse slab di shaft utara, pekerjaan jet grout di sisi selatan, pengeboran dan pemasangan segmen permanen oleh TBM 1 menuju arah Stasiun Thamrin.

Yuk Intip Perkembangan Stasiun Monas MRT Jakarta

Sejak diluncurkan pada 24 Februari lalu oleh Presiden RI, TBM-1 telah berhasil membangun terowongan sepanjang 39 meter.

Pada 2022 ini, PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan penyelesaian pekerjaan D-Wall dan kingpost station box, penggalian station box, pemasangan traffic decking sisi timur station box, dan pengeboran koridor Bundaran HI—Thamrin.

“Saat ini kita sudah menerima kedatangan mesin bor terowongan (TBM) 2 pada Jumat, 4 Februari 2022 dan sekarang sedang dilakukan perakitannya,” jelas Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda) Silvia Halim. “TBM-1 sudah memulai penggalian dari ujung utara Stasiun Bundaran HI ke Stasiun Thamrin pada Februari 2022.

Setelah tiba di Stasiun Thamin, akan berputar balik atau u turn ke arah Stasiun Bundaran HI,” terangnya. “Lalu, pada April 2022, TBM-2 akan mulai menggali terowongan dari sisi selatan Stasiun Monas ke arah Stasiun Thamrin lalu berputar balik dan menggali ke arah Stasiun Monas.

Kedua TBM kemudian akan menggali terowongan ke arah Stasiun Harmoni,” pungkasnya. Kami berharap, tambah Silvia, pada pertengahan 2023, terowongan CP 201 (Bundaran HI—Harmoni) selesai dibangun.

Berita dikutip dari jakartamrt.co.id. Bantu kami berkembang dengan share berita ini, kami berusaha untuk menampilkan berita atau informasi terupdate seputar Jakarta.

Punya berita seputar Jakarta? Mention akun sosial media kita ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: