Wisma Atlet Jakarta Jadi RS Khusus Covid-19 Terbesar di Dunia

Wisma Atlet Jakarta Jadi RS Khusus Covid-19 Terbesar di Dunia

Wisma Atlet Jakarta Jadi RS Khusus Covid-19 Terbesar di Dunia

Wisma Atlet Jakarta Jadi RS Khusus Covid-19 Terbesar di Dunia

infojkt.com – Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen Budiman menyebutkan, Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Jakarta menjadi rumah sakit khusus penanganan Covid-19 terbesar di dunia. Budiman mengatakan, RSDC Wisma Atlet berdiri dengan menggabungkan dua wisma sekaligus, yakni Wisma Atlet Pandemangan dan Wisma Atlet Kemayoran.

“Memiliki total kapasitas bed sebanyak 12.493. Dengan demikian, rumah sakit Covid-19 Wisma Atlet adalah merupakan rumah sakit khusus Covid-19 yang terbesar di dunia,” kata Budiman saat membuka Rapat Koordonasi Kesehatan TNI Tahun 2022 di Markas Besar TNI, Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Dalam perjalanannya, rumah sakit dadakan ini telah melewat masa-masa genting ketika Indonesia menghadapi gelombang Covid-19 varian delta.

Menurut Budiman, varian delta turut memberikan dampak terhadap peningkatan jumlah pasien di Wisma Atlet.

“Pada masa delta, RSDC (Wisma Atlet) pernah merawat lebih dari 7.000 pasien. Suatu angka yang fantastis bagi rumah sakit untuk dapat merawat pasien sebanyak itu,” kata dia. Menurut Budiman, pengoperasian Wisma Atlet sendiri juga menjadi perwujudan dari kolaborasi antara masyarakat sipil dan militer dalam menekan angka Covid-19.

“Perwujudan kolaborasi sipil-militer yang baik adalah pengoperasian RSDC Wisma Atlet,” ucap dia.

RSDC Wisma Atlet beroperasi sejak 2020, atau tak lama setelah pemerintah mengumuman temuan perdana kasus Covid-19. Hingga kini, rumah sakit yang sebelumnya digunakan sebagai tempat peningapan atlet itu masih terus beroperasi.

Berita dikutip dari kompas.com. Bantu infojkt.com berkembang dengan share berita ini, kami berusaha untuk menampilkan berita atau informasi terupdate seputar Jakarta.

Punya berita seputar Jakarta? Mention akun sosial media kita ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: